Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Bedah Teknologi Dualjet di Mesin Suzuki

Tidak semua energi dari bahan bakar, dikonversi jadi tenaga. Banyak tenaga yang hilang selama proses pembakaran. Suzuki coba memperbaikinya dengan meningkatkan thermal efficiency. Kami lakukan bedah teknologi Dualjet di mesin Suzuki.

Berdasarkan riset Suzuki, lebih dari 50% energi dari bahan bakar hilang selama proses pembakaran. Hanya sedikit saja energi dari bahan bakar yang dikonversi jadi gaya dorong piston. Hal ini jelas tidak efisien. Selain itu, tenaga yang dihasilkan juga menjadi tidak maksimal.

Setidaknya ada lima hal yang bisa mengurangi energi bahan bakar. Bahan bakar yang tidak terbakar, pumping losses, exhaust losses, cooling losses, dan mechanical resistance losses.

Sebenarnya, mesin bisa mengekstrak gaya dorong lebih besar bahan bakar. Caranya adalah dengan memaksimalkan thermal efficiency.

Cara yang paling sederhana untuk meningkatkan thermal efficiency adalah dengan meningkatkan rasio kompresi. Suzuki Swift SZ4 mengunakan mesin 1.242 cc dengan teknologi Dualjet.

Selain di Swift, teknologi Dualjet juga sudah diterapkan pada beberapa line up global Suzuki. Contohnya di Celerio dan mesin K12B seperti pada Ertiga.

Berkat teknologi ini, Suzuki berani menerapkan rasio kompresi sebesar 12:1. Dengan mengkompresi bahan bakar ke ruang yang lebih sempit, nyala api akan menjalar lebih cepat ke seluruh bahan bakar yang diinjeksikan. Jadi, tidak ada kesempatan bagi bahan bakar untuk kehilangan energi.