Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Sistem Pendingin Ruang Bakar di Mesin Dualjet Suzuki

Salah satu cara Suzuki mengontrol suhu ruang bakar adalah dengan menerapkan dual injector. Jadi pada masing-masing intake port silinder, ada dua buah injektor yang ditempatkan dekat dengan ruang bakar.

Dengan menerapkan dual injector, kabut bahan bakar yang disemprotkan jadi semakin menyebar dan cepat terbakar. Hal itu menjadikan suhu ruang bakar menurun. Selain itu, berkat dual injector, kabut bahan bakar juga menjadi lebih halus sehingga lebih mudah terbakar dengan sempurna.

Sistem ini berbeda dengan sistem injeksi pada Honda Civic Turbo. Jika di mesin Dualjet menggunakan dua injektor pada port intake, Civic Turbo menggunakan sistem injeksi langsung ke ruang bakar (direct injection).

Dengan ini, semprotan bahan bakar bisa diset dekat sekali dengan saat  busi memantik. Jadi pembakaran prematur sangat minim terjadi. Intinya baik sistem Dualjet dan direct injection mampu menurunkan resiko pembakaran prematur.

Selain dual injector, mesin Dualjet juga menggunakan water-cooled exhaust gas recirculation (EGR) cooler. Jadi, pendinginan pada sistem yang berfungsi untuk mengembalikan ‘sisa’ gas buang kembali ke ruang bakar, menggunakan air dan bukan sekadar embusan angin.

Efeknya jelas, udara ‘sisa’ yang dimasukkan ke ruang bakar suhunya sudah lebih dingin, sehingga mengurangi suhu keseluruhan ruang bakar.

TEKNOLOGI PENDUKUNG LAIN

Bentuk intake port dan kepala piston juga direvisi untuk meningkatkan pusaran campuran bahan bakar dan udara. Dengan itu, campuran udara dan bahan bakar bisa merata dan cepat mengisi ruang bakar. Hal ini meningkatkan efisiensi pembakaran dan mencegah pembakaran abnormal.

Untuk menurunkan suhu ruang bakar, Suzuki juga menerapkan pistoncooling oil jet. Semburan oli diarahkan ke bawah piston untuk melumasi sekaligus menurunkan suhu piston.