Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

PENYEBAB KLAKSON MOBIL MATI DAN CARA MENGATASINYA

Penyebab Klakson Mobil Mati

Sekring Klakson (fuse horn)

Jika sekring pada klakson anda terputus maka otomatis klakson mobil anda akan mati alias tidak berbunyi meskipun anda memencetnya berulang ulang. Sekring mati biasanya disebabkan karena suplay listrik terlalu besar, namun terkadang disebabkan karena umurnya yang sudah tua dan sudah saatnya untuk diganti. Cara memperbaiki klakson yang mati pada kondisi tersebut adalah dengan mengganti sekring yang baru. Gunakan sekring yang sama dengan ukuran semula sesuai klakson bawaan pabrik.

Kabel Klakson

Kadang kala klakson mobil mati disebabkan dari masalah kabel seprti putus, terjadi konsleting, atau bisa juga karena terdapat jamur pada kabel penghubung yang membuat krosi pada kabel dan terputus. Cra memperbaiki klakson mobil mati pada kondisi ini adalah dengan mengetes terminal pada klakson anda menggunakan test lamph, hubungkan test lamp dengan masa body sambil memmemncet saklar mobil anda, jika test lamp menyala berarti kondisi kabel anda normal namun apabila test lamp tetap diam sudah pasti ada masalah pada kabel anda.

Klakson Rusak

Anda perlu memastikan klakson anda benar nenar masih hidup atau sudah mati. Cara memperbaiki klakson dalam kondisi ini yaitu dengan melepas klakson dari mobil anda, kemudian lakukan pengetesan dengan cara menghubungkan terminal positif dan negative klakson mobil anda pada aki. Jika klakson anda berbunyi seperti biasa maka klakson mobil tersebut masih normal dan masih berfungsi dengan baik. Jika bunyinya tidak terlalu keras, anda bisa menyetel klakson mobil anda lewat baut penyetelan, putar baut tersebut kea rah akana atau kiri hingga sampai anda menemukan suara yang pas. jika klakson anda sudah tidak berbunyi maka berarti klakson mobil anda sudah rusak dan harus diganti.

Rellay Klakson

Jika model klakson anda sudah menggunkan tambahan rellay maka bisa jadi masalah ada pada komponen ini. relay yang sering terkena kotoran atau air dapat menyebabkan klakson tidak berbunyi. Adapun cara memperbaiki masalah ini, anda perlu mengganti relay tersebut dengan relay yang baru.

Saklar Klakson

Ada juga klakson mobil mati disebabkan karena saklar klaksonya. Biasnya rusak karena adanya kerak pada lempengan tembaga atau kotoran, Namun bisa juga disebabkan karena masalah kelistrikan. Cara memperbaiki saklar klakson mobil cukuplah rumit, anda perlu membongkarnya serta memastikan kalau aliran listrik masih mengalir baik, jika ada kotoran segera bersihkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Karena hal ini cukp sulit sebaiknya anda bawa saja kebengkel yang sudah berpengalaman dengan masalah seperti ini agar maslah segera teratasi.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara memperbaiki klakson mobil mati yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.untuk memperbaikinya sebaiknya mulailah secara urut mulai dari klakson, kemudian bagian kelistrikan, kemudian terakhir bagian saklar klakson. Biasanya saklar memang jarang rusak sebab letaknya ada di dalam mobil sehingga jarang sekali terkena kotoran.