Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

UJI COBA TABRAK ERTIGA VS PICANTO

Kia Picanto dan New Suzuki Ertiga adalah dua mobil yang cukup populer di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Picanto dengan ukurannya yang mungil dan gesit, sementara Ertiga unggul dalam hal kapasitas penumpang dan barang.

Melihat banyaknya minat masyarakat akan dua model ini, badan keselamatan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) memutuskan untuk menguji tabrak mobil-mobil tersebut.

Dilansir dari laman resmi ASEANCAP, Rabu 1 Juni 2016, proses uji tabrak dilakukan di pusat penelitian ASEAN NCAP di Vietnam. Baik Picanto maupun Ertiga didatangkan langsung dari Indonesia.

Lalu, bagaimana hasilnya?

Seusai diuji tabrak, Kia Picanto hanya mendapat nilai 1,48 dari 16. Kecilnya angka yang didapat gara-gara mobil tersebut tidak dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru, seperti anti-lock braking system (ABS) dan electronic stability control (ESC).

Selain itu, Kia Picanto yang dijual di Indonesia juga tidak dilengkapi dengan kantung udara. Alhasil, mobil ini sama sekali tidak mendapat bintang saat proses uji tabrak.

Sementara itu, Ertiga justru mendapat peringkat yang cukup tinggi. Meski beberapa varian Ertiga belum dilengkapi dengan ABS, dan ECS tidak tersedia di semua varian, namun mobil ini sudah dibekali dengan kantung udara.

Untuk perlindungan pada orang dewasa, Ertiga mendapat nilai 12,39, sehingga berhak mendapat empat dari lima bintang.