Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Suzuki Ertiga Akan Diberi Label Proton

Ini bukan buat pasar Indonesia, tapi khusus di Malaysia. Jika selama ini Suzuki Ertiga telah diekspor ke Filipina, Thailand, Vietnam dan Brunei, nanti akan dikirim juga ke Malaysia. Namun khusus buat Malaysia bukanlah ekspor biasa karena kemungkinan besar Suzuki Ertiga akan diberi label Proton.

Pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menampik soal ekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia. "Kami memang siap memproduksi Suzuki Ertiga untuk diekspor ke Malaysia. Jumlahnya 1.500 unit per bulan yang artinya 18.000 per tahun dengan nilai nominal Rp 2 triliun. Proses produksi di pabrik Cikarang akan dimulai Mei 2016 dan akan dikirim ke Malaysia dalam bentuk terurai (CKD/completely knock down)," terang Davy J. Tuilan, Deputy 4W Managing Director SIS.

Rencana ekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia memberikan pengaruh yang cukup besar buat Suzuki Indonesia. Davy menyebut total nilai ekspor Suzuki Indonesia  akan mencapai Rp 4 triliun setahun. "Tahun 2015 lalu nilai ekspor kami untuk semua tipe sekitar Rp 2 triliun. Nanti akan jadi dobel dengan adanya ekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia."

Meski begitu Davy enggan berkomentar soal lisensi Suzuki Ertiga dengan label Proton. Menurutnya hal itu wewenang Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang dan Proton Malaysia, bukan Suzuki Indonesia. Biarpun begitu, semua pihak dapat dengan mudah menyimpulkan dari pengumuman SMC pada Juni 2015 lalu yang intinya memberikan lisensi mobil Suzuki ke Proton.

Mobil yang datang dalam bentuk CKD itu akan dirakit di pabrik Proton di Tanjung Malim, Malaysia mulai Agustus 2016. Meski saat pengumuman itu tidak menyebutkan model Suzuki apa yang dilabeli Proton, namun dari rencana ekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia sudah dapat ditarik kesimpulan. Model lisensi itu adalah Suzuki Ertiga.

Proyek kerja sama Suzuki Ertiga dengan label non-Suzuki ini bukan yang pertama. Mazda lebih dulu mendapatkan lisensi Suzuki Ertiga yang dilabeli Mazda VX-1. Ada juga Suzuki APV dengan Mitsubishi Maven. Bahkan jauh sebelum itu semua ada Suzuki SX-4 dengan Fiat Sedici. Model kerja sama lisensi lintas merek seperti ini sudah biasa dilakukan di Jepang dan juga Indonesia. Bukan hanya Suzuki namun juga merek-merek lain. Contohnya Toyota 86 dengan Subaru BRZ atau Isuzu Panther dengan Chevrolet Tavera.

Kami belum mendapat informasi detail soal nama tipe yang akan dipakai oleh Proton nanti buat Suzuki Ertiga. Mungkinkah Proton Ertiga? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.