Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Suzuki Ertiga Jadi Mobil Proton

Teka-teki siapa produsen mobil yang akan menjual mobil Ertiga di Malaysia mulai terkuak. Proton ternyata baru saja mengumumkan kerja sama dengan Suzuki.

Dalam siaran pers Proton disebutkan, 29 outlet Suzuki di Malaysia akan dikonversi menjadi outlet Proton Edar. Itu artinya 29 outlet tadi akan memiliki logo Proton dan Suzuki. Meski dikonversi menjadi outlet Proton, 48.000 pelanggan Suzuki masih bisa menyervis mobil di sana.

Hal ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman yang diteken keduanya pada 15 Juni 2015 lalu.

"Suzuki Malaysia Automobile senang sudah bisa bekerja sama dan melayani partner dan konsumen kami di Malaysia selama beberapa dekade. Konsolidasi showroom Suzuki dengan Proton akan menguatkan sinergi antara kedua merek," ujar Direktur Pelaksana Suzuki Malaysia Masashi Fukuda.

Dengan adanya kolaborasi itu, Suzuki akan menambah line up mobil untuk Proton khususnya di kategori Segmen A dan Segmen B. Dimana Ertiga merupakan MPV segmen B, jadi Ertiga pun bakal masuk ke situ.

Baca juga: Ertiga Tidak Dijual Suzuki di Malaysia

"Pokoknya porsi dari Suzuki, kami akan mulai memproduksi mobil secara CKD bulan Mei ini, urusan kapan launching-nya, namanya jadi apa di Malaysia itu mereka yang urus," ujar 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales Davy J. Tuilan.

Suzuki ternyata telah berencana untuk keluar dari pasar Malaysia, dan Proton bersiap untuk mengambil alihnya.

Baca juga: Suzuki Indonesia Ekspor Ertiga ke Malaysia

"Kolaborasi kami, akan memperlihatkan proses asimilasi, seiring Suzuki keluar dari pasar Malaysia, Proton merasa terhormat untuk menjadi bagian dari kerja sama ini," ujar CEO Proton Dato Abdul Harith Abdullah.

Suzuki sudah menghentikan produksi mobil mereka di Malaysia, dan dengan adanya kolaborasi Proton-Suzuki ini membuat Proton bisa mengakses teknologi model, platform, powertrain dari Suzuki. Proton menyebutkan, mobil hasil kerja sama dengan Suzuki akan diperlihatkan akhir tahun 2016