Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Mazda-Suzuki Masih Bungkam Terkait Varian VX-1 di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum, jika segmen kendaraan 7 penumpang masih sangat diminati di Indonesia. Itulah ketika kabar tentang Mazda VX-1 beredar di dunia maya mulai pekan kedua Januari 2013 lalu, redaksi CarMall langsung bergegas mencari tahu.

Pasalnya sosok Mazda VX-1 tidak lain tidak bukan adalah metamorfosa Suzuki Ertiga. Apakah ini akan menjadi kolaborasi lain dari Suzuki seperti Suzuki APV dan Mitsubishi Maven beberapa tahun silam...

Meski masih dianggap "tabu" di Indonesia, kerja sama di bidang desain mobil antara Suzuki dan Mazda sudah lama dilakukan di Jepang. Mulai dari produk city car Suzuki Alto yang dire-badge menjadi mazda Carol. Sementara bagi Suzuki, hal ini adalah yang ke-3 kalinya desain mobilnya diadopsi oleh produk lain. Sebelumnya yaitu Carry dan APV yang dire-badge menjadi Mitsubishi T120 dan Maven, seperti yang disebut di atas.

Astrid Ariani Widjaja, Marketing Manager PT MMI mengatakan, pihaknya saat ini belum bisa memberikan keterangan terkait hal tersebut. "Terima kasih untuk pertanyaannya. Tapi untuk saat ini kami belum bisa menjawab dan tentu saja akan mengabari teman-teman media pada saat yang tepat," ujar Astrid.

Hal senada juga diungkap oleh Davy Tuilan selaku 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales, "Mohon maaf, saya belum bisa memberi tanggapa terkait hal itu," katanya.

Kemungkinan diluncurkannya Mazda VX-1 bisa saja terjadi. Pasalnya, selain foto-foto yang sudah beredar, model ini ternyata sudah mengajukan permohonandi Kementerian Perindustian (Kemenprin). Perlu diketahui, setiap APM maupun IU (Importir Umum) yang ingin menjual produk barunya di Indonesia wajib mendaftarkan produk itu di Kemenprin. Kalau Mazda VX-1 sudah terdaftar, berarti?

Mobil Ertiga sendiri sukses merengkuh keuntungan besar di pasar lokal bahkan menjadi 'mimpi buruk' pemasar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Penjualannya sejak April 2012 hingga kini sudah lebih dari 30 ribu unit. Fakta ini, jelas menguntungkan pihak Mazda jika benar bekerja sama dengan Ertiga, karena tak pusing dengan riset produknya.

Tapi dengan hadirnya VX-1 nanti, apakah pasar Ertiga masih akan sukses? Atau Ertiga memang sengaja berbagi 'kue'? Kita tunggu saja kabar selanjutnya, Sob!