Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Suzuki Baleno Mobil Produksi India Pertama yang Diekspor ke Jepang

Ini mungkin peristiwa bersejarah bagi India. Untuk pertama kalinya India mengekspor mobil ke Jepang. Padahal, industri automotif tidak mudah bisa masuk ke pasar Jepang karena peraturan yang ketat dan persaingan.

Produsen automotif yang mengekspor mobil tersebut adalah Maruti Suzuki yang merupakan anak perusahaan dari Suzuki Motor.

Sedangkan model yang akan diekspor adalah Baleno versi hatchback. Pengapalan Baleno dilakukan pada Senin 26 Oktober 2014. Selain Jepang, ada sekira 100 negara lain yang akan menjadi sasaran ekspor Maruti Suzuki, termasuk Eropa.

Managing Director Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan, jika ekspor Baleno ini sukses maka ada kesempatan pihaknya akan mengirim model lainnya ke luar negeri.

"Kompetisi sangat ketat di negara berkembang. Mereka punya banyak produk bagus. Jika produk ini sukses, kami punya kesempatan untuk mengembangkan strategi kami," tutur Ayukawa seperti dikutip dari Reuters, Selasa (27/10/2015).

Pada 2016, pihaknya menargetkan mengirim 50 ribu unit Baleno hatchback ke berbagai negara.

Produsen mobil global selain Suzuki, yakni Volkswagen, Ford, dan Hyundai, juga menjadikan India sebagai basis produksi mobil untuk diekspor ke negara yang sedang tumbuh pasar automotifnya seperti di Afrika dan Amerika Latin. Salah satu keuntungannya, ongkos produksi di India relatif murah.

Maruti sendiri merupakan produsen mobil terbesar di India. Pada tahun fiskal April 2014-Maret 2015, perusahaan itu berhasil menjual 1,2 juta unit mobil. Namun saat itu, ekspor mereka baru bisa menembus pasar Afrika dan Amerika Latin.