Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Hasil Uji Lengkap Suzuki Celerio Dengan Transmisi CVT

Dengan hadirnya Celerio di Indonesia, ialah suatu strategi baru yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales dalam meraup pasar Compact Small Hatcback. Sa­ngat terlihat, Celerio matik dijadikan alternatif lain bagi konsumen Low Cost Car untuk menaikan kasta kepemilikan kendaraan.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan beberapa aspek, diantara­nya desain, fitur dan harga yang membuat konsumen yang memilikinya lebih dari sekadar memiliki mobil Low Cost Car.

Terlihat mulai dari desain eksterior Celerio yang lebih atraktif dibandingkan dengan Low Cost Car. Jelas, karena Celerio memiliki desain yang dinamis, lengkap dengan lekukan-lekukan yang membuatnya tampil minimalis.

Meskipun ia bukan mobil LCGC, pada bagian interior Celerio masih menggunakan kursi milik Karimun Wagon R dengan model headrest menyatu. Memang menjadi terlihat ‘Low Cost’, namun pabrikan mobil asal Jepang ini mengakali tampilan jok tersebut dengan balutan motif bubble agar terlihat menarik.

Lalu apa yang bisa dibanggakan dari Celerio? Yup, Celerio telah mengaplikasikan dual airbag yang mampu menunjang unsur keselamatan.

Bicara soal performa yang dimiliki Celerio, sepintas tidak berbeda dengan Karimun Wagon R. Dengan memiliki kode mesin K10B yang memiliki kapasitas mesin 998 cc 3-silinder.

K10B memang memiliki tenaga mungil, yaitu 68 dk dengan torsi 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm. Yang berbeda, Celerio menggunakan transmisi CVT untuk membuatnya lebih nyaman saat dikendarai.

Jangan pernah berharap mesin tersebut memberikan rasa berkendara yang agresif. Karena sejatinya, dengan teknologi transmisi tanpa roda gigi memberikan perpindahan gigi yang halus, tanpa entakan dan meminimalisir penggunaan konsumsi BBM.

Terbukti lebih cepat ketika diajak berakselerasi 0-100 km/jam, Celerio mampu mencatat 13,5 detik. Dengan mesin yang serupa pada Karimun Wagon R AGS (auto gear shift), hanya mencatat waktu akselerasi 15,6 detik.

Begitu juga dalam mengolah bahan bakar. Celerio mampu memeberikan konsumsi BBM tol 21 km/l dan dalam kota 15,4 km/l. Irit kan?

Mungkin Anda akan bingung jika melihat tuas transmisi pada Celerio, karena hanya menyediakan mode P, R, N, D dan L. Lalu bagaimana jika pengendara ingin melakukan akselerasi berlebih atau engine brake?

Suzuki menyediakan pilihan sport mode via tombol mungil di tuas transmisi untuk mendapatkan efek responsif. Dengan berubahnya rasio puli transmisi yang lebih besar membuat putaran mesin akan meningkat secara otomatis. Tak hanya akselerasi, efek engine brake pun dapat diperoleh dalam mode ini.

Satu lagi yang menjadi perhatian, yaitu mengenai ketersedian ABS pada sistem pengereman Celerio. Dengan adanya ABS pe­ngendara tidak perlu kuatir terjadinya gejala blocking ketika melakukan pengereman keras.