Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Berkat Transmisi AGS, Performa Suzuki Wagon R Makin Liar

Inilah yang kami rasakan saat menjajal langsung performa dari Suzuki Karimun Wagon R yang telah dipasangi transmisi Auto Gear Shift (AGS). Bobotnya yang ringan, membuat LCGC ini semakin liar ketika menyusuri Jakarta Outer Ring Road (JORR) TB Simatupang.

Awalnya kami tak percaya jika transmisi anyar yang dipasang pada Suzuki KArimun Wagon R bisa mempengaruhi performa city car yang masuk dalam program mobil murah ramah lingkungan (LCGC) ini. Dari segi performa, Karimun Wagon R AGS menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc 3-silinder DOHC 12-katup dengan tenaga maksimum 68PS/6,200rpm torsi maksimum 90 Nm/3,500rpm.

Nanti, teman-teman wartawan akan merasakan langsung perbedaan yang dipersembahkan oleh Wagon R bertransmisi AGS ini. Transmisi AGS ini adalah real transmisi manual dengan cita rasa otomatis. Performanya akan lebih mumpuni namun tetap menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit," ujar Davy J. Tuilan, 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Suzuki Karimun Wagon R AGS telah dilengkapi dengan sistem ”drive by wire” pada pedal gas untuk akselerasi lebih responsif namun tetap irit bahan bakar. Mesin ini sudah teruji secara performa, efisiensi, dan kemudahan perawatannya di seluruh tipe Karimun Wagon R yang ada di pasaran saat ini.

Wagon R AGS yang kami kendarai dari kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, saat memasuki pintu tol Bintaro, pedal gas pun langsung diinjak hingga memasuki tol Pondok Indah. Sekali-kali kami melongok spido meter yang jarumnya menunjuk angka 140 km/jam. Sebuah angka yang fantastis buat sebuah LCGC. Mungkin, jika perjalanan tidak terkendala oleh kemacetan, mungkin Wagon R AGS masih akan terus melesat meninggalkan rombongan lainnya.

Teknologi AGS yang disematkan pada Karimun Wagon R merupakan inovasi terbaru dari Suzuki Indonesia, dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik yang mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis dengan transmisi manual 5 percepatan terbaru.

“Sistem AGS bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) & Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin. Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual,” terang Donny Saputra, Head of 4W Product Development SIS.

“Ini merupakan keuntungan ganda yang di berikan oleh transmisi ini karena AGS merupakan penggabungan keunggulan yang terdapat pada transmisi manual  dan otomatis sehingga pengemudi dapat mengatur laju kecepatan kendaraan dengan menyesuaikan transmisi pada  kondisi jalan yang dilalui. Hal ini tentunya menambah kenyamanan pengemudi dalam berkendara dan juga menghemat bahan bakar kendaraan,”  tambahnya.

Tak salah pula jika Suzuki menyebut Karimun Wagon R memiliki nilai ‘Lebih dari Cukup’. Mobil berpredikat SUPER kini dilengkapi dengan transmisi AGS (Auto Gear Shift)  yang tentunya membuat mobil ini unggul di kelas LCGC (Low Cost Green Car).

Dari sisi eksterior, memang tidak ada perubahan yang signifikan pada Karimun Wagon R AGS. Bentuk luar Karimun Wagon R GS terlihat kompak, dengan bentuk kotak yang proporsional dan tinggi membuat model Karimun Wagon R dapat mengoptimalkan ruang yang ada di dalamnya. Sehingga mampu mengakomodir 5 orang dewasa dengan nyaman, serta memuat barang-barang bawaan di bagian ruang bagasinya.

Karimun Wagon R AGS dilengkapi fitur keamanan, di antaranya Sistem Immobilizer yang menggunakan signal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja. Sistem Keyless Entry menjadi pelengkap dari fitur mobil ini.

Mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpangnya, seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor), yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman/tabrakan secara tiba-tiba. Lalu, Karimun Wagon R AGS juga dilengkapi pula dengan child proof rear door locks pada pintu belakang mobil.  

Suzuki Karimun Wagon R AGS sendiri baru resmi diluncurkan pada 19 Mei 2015 besok. Transmisi AGS terdapat pada Karimun Wagon R tipe GL, GX, Dilago, dan GS. Transmisi anyar ini melengkapi fitur-fitur andalan lainnya yang mengandung unsur SUPER (Spacious, Usefull, Practical, Economical, Reasonable).

Suzuki Indonesia menjual mobil LCGC bertransmisi AGS ini dengan harga Rp 113.000.000 untuk Karimun Wagon R AGS tipe GL, Wagon R AGS tipe GS Rp 120.000.000, Wagon R AGS tipe GX Rp 121.000.000, dan Wagon R AGS Dilago dibanderol Rp 122.000.000.