Daihatsu Surabaya

WAHIDIN
SALES EXECUTIVE JAKARTA
PROMO MOBIL SUZUKI JAKARTA
BBM: D304D308
Hot News

Berita

Kewalahan Order Ertiga, Suzuki Tambah Pabrik di Karawang

Hadirnya Suzuki Ertiga (Februari 2012) memang benar-benar memperkuat citra Suzuki di pasar nasional. Sejak Januari-Juli 2012, penjualan Suzuki menorehkan angka 52 ribu unit dengan perolehan sekitar 10% market share nasional.

Seluruh permintaan kendaraan di berbagai merek Suzuki pun meningkat tajam. Melihat hal itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku pemegang tunggal merek Suzuki di Indonesia pun mau tak mau harus memperkuat basis produksinya.

Kabar yang beredar, tak hanya memaksimalkan kapasitas pabrik sekarang, tetapi SIS juga tengah berencana membangun pabrik baru.
Endro Nugroho, 4W Marketing and Dealer Network Development Director PT SIS mengatakan, tahun depan mereka bakal membangun pabrik di kawasan Karawang, Jabar dengan lahan 135 hektar.

Lahan itu diklaim lebih luas empat kali lipat dari pabrik sebelumnya yang terletak di Banten. "Investasinya mencapai Rp 8 triliun," kata Endro di acara buka puasa bersama jurnalis, Senin (6/8).

Endro menyebut total inden Ertiga sudah menyentuh angka 20 ribu unit. Dari total inden itu, baru sekitar tujuh sampai delapan ribu yang sudah dipenuhi. "Untuk mendapatkan barang harus menunggu sampai tujuh bulan untuk tipe tertentu," ujarnya.

Sementar bagi Davy Tuilan, Direktur Penjualan R4 SI, Ertiga adalah salah satu produk fenomenal. Sebab, sebelum peluncuran, masyarakat rela inden. "Penjualan bulan lalu tembus 12 ribu. Itu adalah sales tertinggi Suzuki selama di tanah air. Cukup membanggakan karena 65 persen pembeli Suzuki di Jabodetabek adalah konsumen datang dari merek lain" jelas Davy.

Pabrik Suzuki saat ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 12 ribu unit perbulan. Sedangkan, produksi Ertiga sendiri sekitar 4.800 hingga 5 ribu unit.

Selain rencana pembangunan pabrik baru di Karawang, Tahun ini SIS akan menambah dealer penjualan, khususnya yang berjenis dealer 3S (sales,sparepart, service). Hingga kini, total dealer Suzuki, 234 unit. "Sampai penghujung 2012, total dealer ditargetkan meningkat menjadi 272 unit," ucapnya.